Jumat, 24 Februari 2012

Mainan Hashtag

Permisi, mbak2..mas2...sebelumnya mo toyor kepala sendiri dulu karena hari gini mo nulis sesuatu yang (mungkin) udah semua orang tau..gak inpormatip sekali saudari novia ini..#sigh

baidewei, kali ini ga tau kenapa aku pengen bahas masalah hashtag. Eh tau dink kenapa, ya karena beberapa hari ini ga tau kesambet setan mana, aku lagi hobi banget mainan hashtag. Kalau ada yang belom tau tentang yang satu ini, yuk dimari eik ceritakan.

Sebelum cerita tentang permainannya, cencu pencing buat tau dulu apa itu hashtag. Sederhananya hashtag itu ya sebuah tanda pagar yang digunakan pengguna twitter buat menandai twitnya. Misal ni ya:
  • Aduhhh, ujannya deres banget sih, ga bisa ngedate ama yayank #galau 

haha, abaikan kalimatnya yang jijayong sekali. See? di ujung kalimat aku masukin "#galau", nah itulah yang dimaksud hashtag sodara sebangsa dan setanah air. Kurleb ya fungsinya begicu..

Knapa? belom keliatan pentingnya dimana ya..etts tunggu dulu, hashtag ini cukup banyak fungsinya ternyata. Jadi dengan adanya tag pada twitt kita, pengguna twitter lainnya akan dengan mudah menemukan kata kunci serupa bila sewaktu-waktu dia mau temuin kata-kata yang sama di twitter. Tinggal tulis dengan cara yang sama, misalkan "#galau" kemudian klik dan akan muncullah puluhan bahkan ribuan twitt dengan hashtag-hashtag serupa sesuai yg dia butuhkan. 

Ya derita kita lah ya, pinter-pinter milih kalau udah gini, mana hashtag yang bermutu dan mana yang enggak. 
Karena pasti kita semua tau, dunia sekarang ini mungkin karena terlalu banyak masalah penting yang harus dipikirin, orang2 bosan dan terjerumuslah kita semua dalam berbagai kegiatan gak penting. 

Contohnya? ya bisa jadi kayak yang sedang aku ikuti..hehe,, *sadar diri penting*, okelah aku mo jujur kalo mainan hashtag yg aku ikutin hampir ga ada gunanya dan ga memberi sumbangsih apapun dlm dunia studi yg saya tekuni *maksud loh*

Onesly hobi baru itu berawal dari kelatahan ketika melihat twitt salah seorang yg aku follow tentunya. Aku yang masih cupu *eaa langsung cuss mikir dalem hati. eh kok kayaknya lucu ya ikut main begituan. mm biar gampang aku namain aja permainan itu "hashtag attack". Simple bgt! buat main itu, kita tinggal kicau sebanyak2nya tentang salah satu hashtag yg sedang dimainkan. Misal: 

1. hashtagnya : #barujadian
Nah kalau 2 yg diatas itu adalah contoh hashtagh #barujadian yg saya twit, ditambah hashtag #samaxxx. contoh lainnya:

Kalau tiga twit ini model hashtag bebas bin ga bertanggung jawab setelah sebelumnya tetap cantumin hashtag #barujadian :D gimana sejauh ini? penting kan mainan ini?? yeeukkk ah, ngangguk aja susah amir..

Ohya karena banyaknya orang yang nge'twit dengan hashtag serupa, maka hashtag tersebut akan happening di twitter. Sederhananya kayak efek domino, kamu twit tentang itu dengan ribut dan rame banget di Timeline, nanti followermu bakalan liat, dan kalau dia pikir itu seru bakal dia ikutin atau minimal diklik dan akan keluarlah sekumpulan twitt dengan hashtag serupa yang lumayan buat ngikik para imsomnier *malah curcol

Sampe sini masih belom ngeh apa pentingnya main ini? waduhh mati aja. hehe, gak gak, cini diperjelas lg. Kalau buat aku pribadi dan mungkin beberapa puluh (ratus maybe) org yg aku amati, mainan ini jadi semacam lucu-lucuan aja. So, fungsinya ya gak jauh dari hal lucu, pertama kamu bisa ngompol di celana terhibur karena mungkin ada 1,2, atau 10 twit yang membuat kamu ngakak dengan hashtag tersebut, kedua bagi pembuatnya, twitt untuk bermain "hashtag attack" ga cuma butuh modal cantik kayak gue, mmm, bukan maksudnya yah minimal kalau mau nyambung dengan hashtag lainnya dan pengen dilirik ya harus bikin twit dengan sekreatif mungkin. 

Yaa, kalau lagi lucu ya meluculah, kalau hashtag informatif ya berilah info semampu kamu, atau kalau hashtag duka berdarah-darah misalkan tentang whitney ya jangan juga tiba-tiba kamu syukurin dia mati. (kecuali kritik kebiasaan jeleknya sampe bisa mati ya #ehh).

Ohya baru inget, satu topik bila dengan sengaja dipakein hashtag dan serentak diobrolin org byk ada kemungkinan buat jd trendingg topik lho. Klo ga percaya nonton aja di 'Republik Twitter' dimana sekelompok org dengan mudahnya meembangun pencitraan seorang tokoh dengan hashtag (salah satunya). Meski selain itu trending topik natural ya terpilih dari twitt terbanyak tentang satu hal yg memang lg in dan ga didesign. :p

Waduh knp jd panjang amat ya bahas permainan ini aja..ya kesimpulannyaa silahkan lihat atau coba sendiri yahh, siapa tau kamu ikut kecantol dan kebawa arus hashtag kayak aku..*pukul pake sapu*
mm, selama hashtagnya menarik, mungkin aku bakal terus ikut main. he2, lumayan juga buat nambah2 follower. *ups. klo mau liat-liat bisa main ke rumah kicauku disini. have fun :3


Tidak ada komentar:

Posting Komentar