Minggu, 03 Juli 2011

FACT OF RUBIK’S CUBE ( Bukan Puzzle ‘Biasa’ ) by: Fikri


RUBIK…Pasti semua orang pernah mendengar ato sekedar melihat bentuk dari puzzle ini. Jangan anggap remeh jenis puzzle yang satu ini, dibutuhkan lebih dari sekedar kelihaian jari jemari tangan untuk menyelesaikan rubik’s ini dan tidak semua orang bisa menyelesaikannya dengan mudah. Rubik's Cube tercatat sebagai mainan yang terlaris dan terpopuler sepanjang masa serta hampir dimainkan diseluruh belahan bumi. 
Berdasarkan penelitian tentang Rubik's Cube diperoleh fakta yang mencengangkan :
  • 1 dari 5 orang dewasa di Benua Eropa dan Amerika pernah memainkan Rubik's Cube
  • Hanya 2 diantara 100 orang yang pernah memainkan Rubik's Cube mampu menyelesaikannya.
  • Terdapat 43.252.003.274.489.856.000 -4.3 x 1019) atau sekitar 43 quintillion (miliar miliar) kombinasi kemungkinan dalam sebuah Kubus Rubik standar 3x3x3 namun hanya terdapat 1 penyelesaian.
Rubik’s Cube™ atau Kubus Rubik adalah sebuah puzzle mekanis yang diciptakan oleh seorang professor arsitektur asal negara Hungaria yang bernama Erno Rubik pada tahun 1974. Permainan puzzle ini mencapai puncak popularitasnya di awalawal tahun 1980an. Bahkan sempat dikatakan bahwa pada masa tersebut rata-rata setiap rumah di Amerika Serikat mempunyai sedikitnya satu buah permainan puzzle ini. Sampai detik ini diperkirakan telah lebih dari 100.000.000 Kubus Rubik terjual di seluruh dunia.
Sepanjang catatan sejarah, telah diciptakan Kubus rubik dengan berbagai bentuk dan kombinasi, diawali dengan rancangan 3x3x3 kubus fleksibel yang dipatenkan pada tahun 1977, Di Jerman, pada tahun 1980 Rubik's Cube mendapat penghargaan sebagai Games of The Year , pada tahun 1982 Rubik's Cube menjadi kata tersendiri yang masuk dalam kamus the Oxf hingga pada tahun 2007 Rubik's Cube dinobatkan sebagai The Coolest Brand in the World.
Permainan ini diklaim dapat meningkatkan ketajaman kecerdasan visual spasial dan daya nalar, sehingga tak heran banyak orang kecanduan memainkannya. Dibutuhkan keahlian khusus untuk bisa menyelesaikan puzzle ini. Asal anda tahu permainan ini sama sekali tidak mengandung unsur  matematika dalam penyelesaian nya. Yang ada hanyalah penggunaan istilah ‘Algoritma’ yang biasa banyak ditemukan di perhitungan matematika. Di dalam teknik penyelesaian Rubik’s Cube, Algoritma ini diartikan sebagai susunan/urutan gerakan yang dilakukan untuk menyelesaikan tahap demi tahap rubik’s itu sendiri.
Hingga kini Secara reguler World Cube Association (WCA) menyelenggarakan Kejuaraan Dunia Kubus RUbik (World Rubik's Cube Championship) untuk mengumpulkan para penggemar Rubik's Cube di seluruh dunia dan untuk mencari pemecah rekor baru dari beberapa kategori pertandingan berdasarkan cara penyelesaiannya; kategori biasa (reguler), dengan satu tangan (one handed), dengan mata tertutup (blind folded) dan kategori penyelesaian dengan kaki (with feet).
Saat ini rekor dunia waktu tercepat menyelesaikan rubik’s cube dipegang oleh seorang bocah 15 tahun asal australia bernama Feliks Zemdegs dengan catatan waktu HANYA 5,66 detik saja.. mau bukti, bisa saksikan video berikut ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar