Kamis, 24 November 2011

Aku Adalah Aku by: Fikri

Pernahkah kamu bertanya pada dirimu sendiri :
'siapakah aku..??'
Atau apa yg akan kamu jawab apabila ada seseorang yang bertanya :
'siapakah kamu..??'
Atau ada pernyataan seperti ini :
'Emangnya kamu siapa..??'

Jawaban yg paling simple yg bisa kita jawab adalah..yg pasti kita menyebutkan 'nama' kita sendiri..nama adalah identitas yg paling dasar dimiliki oleh setiap manusia..nama memiliki pastinya memiliki makna yang paling baik menurut 'orang tua' kita...nama adalah DOA orang tua bwt si pemegang nama...jadi aq sangat tidak pernah setuju dgn pernyataan 'Apalah arti sebuah nama'...Apa jadinya manusia tanpa 'Nama'..

Jawaban selanjutnya adalah yang paling mungkin  kita pasti selalu menyebutkan : ''kita ini anak si polan/polen,,lahir disini/disana,,alamat disini/disana,,dll'' sesuai KTP lah..walo di KTP gak tertulis nama orang kita...Orang tua kita mempunyai arti penting dalam hidup kita..dimana pun kita berada kita tetap membawa nama orang tua,,mulai dari DNA 'mereka' yang selalu setia bersama kita selama hidup ini...Di negeri ini 'orang tua' dari seseorang pasti menjadi patokan dalam berbagai hal,,,contoh nya saat kita memilih pasangan pasti selalu ditanyakan orang tua nya siapa??
Banyak yang beranggapan seorang 'anak' gak akan jauh sifat nya dari orang tua nya...ibarat pepatah 'buah jatuh takkan jauh dari pohonnya'...tapi sejujurnya yang harus dipahami adalah 'pepatah' itu tidak selalu BENAR...Setiap manusia/anak mempunyai sifat nya tersendiri yang terbentuk dari perjalanan dan pengalaman hidup nya...suasana yang diciptakan di lingkungan rumah sangat berpengaruh dalam pembentukan diri seseorang untuk bisa bersosialisasi di lingkungan luar rumah..

Jawaban selanjutnya yang harusnya kita jawab adalah : bagaimana kamu mendiskripsikan diri kamu sendiri...untuk menjawab itu harus nya kita bertanya pada diri kita dahulu 'siapakah aku..??'..diskripsi ini lebih spesifik dengan sifat dan tingkah laku kita...kadang orang sulit mendiskripsikan dirinya sendiri,,,pasti kita akan menjawab hal-hal 'baik' nya saja dari kita,,gak mungkin kita menjawab 'keburukan' yang kita miliki...kembali lagi ke pertanyaan 'siapakah aku..??'..
kadang kita tidak pernah sadar dengan yg kita punya,ato potensi yg bisa membuat kita merasa 'berharga'...tiap org di anugerahi bakat dan potensi masing-masing...kita banyak berpikir yang bisa menilai diri kita adalah orang lain..itu tidak bisa dipungkiri lagi bahwa itu BENAR...tapi harus disadari 'nilai' itu di deskripsi kan dari semua tingkah laku kita sehari-hari,,tapi yang bisa menjawab pertanyaan 'siapakah aku..??' adalah KITA SENDIRI...
memahami sifat diri sendiri sangat penting dalam kehidupan sosial..kita tau keterbatasan kita,,maka kita tidak selalu memaksa kan suatu hal yang diluar kemampuan kita...setiap manusia mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri.'kekurangan tak selamanya jadi kelemahan' , Jadi janganlah menganggap kelemahan yang kita miliki sebagai penghalang bagi kita, tetapi anggaplah kelemahan yang kita miliki sebagai pendorong kita untuk menjadi sukses. Jangan jadi tidak percaya diri jika kita memiliki kelemahan, atasilah kelemahan yang kita miliki. Jadikan kelemahan sebagai sebuah batu pijakan meraih kesuksesan dan bukannya sebagai batu sandungan. Dan yang terpenting selain mengatasi kelemahan kita tentunya kita juga harus bekerja keras meraih kesuksesan, jika itu bisa kita lakukan maka percayalah kita akan jadi orang yang sukses...Inilah kita dengan segala yang kita miliki,,kita harus bangga dengan apa yang kita miliki,,

'Aku' setiap orang akan berbeda-beda...baik dari fisik maupun sifatnya, setiap orang mempunyai karakteristik masing-masing yang terlahir dari proses hidup nya, mulai dari yang terbentuk dari lingkungan rumah maupun lingkungan di luar rumah...jadilah diri sendiri,, Be Yourself :)


'AKU ADALAH AKU'
'JANGAN PERNAH SAMAKAN DENGAN YANG LAIN'

''kita harus mulai belajar menghargai diri sendiri sebelum menghargai orang lain,,kita harus menyayangi diri sendiri dahulu sebelum menyayangi orang lain,,kita harus mencintai diri kita sendiri sebelum mencintai orang lain''

@jogja,, friday 11 february 2011 4:08 Am

2 komentar:

  1. aku gambaran dari AKU sesungguhnya
    aku akan mati tapi AKU tetap hidup
    dalam aku ada AKU yang tak bisa di lihat tapi bisa di rasa.
    AKU laim dari pada yang lain,sebab itu aku harus kenal dengan aku
    agar aku bisa lebur dengan sifat AKU

    BalasHapus
  2. @silohc, hehe, iyap benar. terimakasih sdh berkunjung :) mari berkenalan dg diri qt sendiri

    BalasHapus